7 Tips Mengurangi Biaya Operasional Bisnis Retail >> Businesstech

  • December 20, 2020

Makanya, sebelum memikirkan inovasi apa yang akan dibuat, sebaiknya perhitungkan modal yang dimiliki untuk mengembangkan usaha. Ketika telah berada di titik sukses dari perjalanan bisnis, janganlah hal ini membuat Anda menjadi terlena dan parahnya, menjadi jumawa. Seorang pebisnis sukses sejati ialah mereka yang tetap rendah hati dan selalu merasa haus akan ilmu dan inovasi. Menjalankan bisnis di tengah situasi pandemi Covid-19 adalah tantangan tersendiri. Selain pembatasan sosial yang membuat masyarakat tak leluasa berbelanja, banyaknya pemutusan hubungan kerja atau PHK juga menurunkan daya beli.

Mencari SDM yang tepat seringkali menjadi kendala dalam bisnis franchise, khususnya di Indonesia. Mencari karyawan untuk menjalankan bisnis franchise mengharuskan SDM dapat berhadapan langsung dengan manusia. SDM yang berkualitas akan menambah omset penjualan bisnis franchise mu. Pada bisnis waralaba umumnya pihak franchisor akan menetapkan bahan baku produksi, seperti bumbu yang harus diambil dari pemasok tertentu atau dari franchisor itu sendiri. [newline]Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar semua franchisee memiliki standar produk yang sama. Hal tersebut juga dapat menjadi besar dengan bantuan teknologi yang canggih seperti saat ini yang memungkinkan konsumen menyebarkan kekecewaannya dengan cepat di dunia maya. Akibatnya semua franchisee yang membuka gerai merek dagang tersebut akan terkena imbasnya.

Merry ingin mengubah kehidupan dirinya serta keluarganya menjadi lebih baik. Ia lalu memutuskan untuk terjun ke dunia usaha dan memulainya dari nol. Ia tidak punya koneksi, tidak begitu dianggap karena bukan warga asli Singapura dan keuangannya terbatas. Ya, Merry mampu melewati hari-hari sulit itu dan menjadi sosok Merry Riana yang kalian kenal saat ini. Hal yang saya suka dari buku ini adalah pembelajaran berharga dari sosok Merry Riana. Ia kuliah di Singapura karena didesak keadaan, yaitu banyaknya bentrokan warga yang menargetkan orang-orang etnis Cina.

Cara agar bisnis tetap cemerlang

Untuk menanggapi pandemi COVID-19, bisnis dapat menyampaikan apa saja usaha yang dilakukan untuk para konsumen dan masyarakat pada saat krisis terjadi. Strategi-strategi yang sudah diulas di atas, seperti melakukan delivery dan menyalurkan melalui e-commerce, bertujuan untuk membantu konsumen untuk tetap aman saat berbelanja. Sampaikanlah tujuan tersebut kepada konsumen agar konsumen tahu bahwa bisnis peduli pada keamanan dan kesehatan konsumen. Secara inner, hubungan baik dengan karyawan akan memudahkan koordinasi, sehingga mampu mewujudkan tim kerja yang stable. Sementara secara eksternal, hubungan baik yang terjalin dengan pelanggan, akan dapat memudahkan penerapan strategi komunikasi dari mulut ke mulut. Artinya, pelanggan akan dengan senang hati merekomendasikan produk dan layanan Anda pada orang-orang di sekitarnya, baik keluarga, tetangga, teman, komunitas, dan lainnya.

Melakukan penelitian dan konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman sangat penting dalam kasus ini. Lingkungan bisnis akan bergerak secara dinamis, sehingga strategi ataupun taktik kemarin mungkin tidak akan berguna pada hari ini. Jangan terjebak ketika ide-ide Anda yang telah gagal, coba untuk berevolusi agar usaha Anda menjadi efisien dan tanguh. Pengusaha yang sudah berpengalaman mampu membangkitkan usaha mereka saat keadaan sulit. Apa yang dilakukan pengusaha tersebut harus Anda lihat dan pelajari. Pertama, digitalisasi bisnis meringkas proses pekerjaan sehingga, lebih hemat waktu dan efisien.