Inilah Yang Harus Dilakukan Pebisnis Agar Dapat Bertahan Di Masa Pandemi

  • August 17, 2020

Intinya ada pada pelayanan, kita berusaha selalu memberikan yang terbaik, dan custumer dipastikan akan lebih percaya diri jika menggunakan produk produk Emoline,” terang Morine. Shift Academy merupakan salah satu produk dari Peopleshift untuk membantu mewujudkan salah satu visi dari Peopleshift, yaitu sebagai platform pembelajaran bagi setiap pemuda Indonesia yang bersemangat. Pembedaan untuk pemasukan serta pengeluaran, selain itu juga harus membedakan dengan baik keuangan untuk bisnis dan pribadi. Pemisahan tersebut bisnis dapat dilakukan dengan baik dengan cara mencatat, memeriksa, dan mengatur pola keuangan untuk usaha bisnis yang baik. “Hal ini memberi Barry’s Bootcamp kesempatan untuk selalu menjadi yang pertama diingat oleh pelanggan setianya, sekaligus membangun kesadaran merek dengan pengguna baru serta mengembangkan komunitas online perusahaan,” ujar Laurie. Seorang pebisnis UMKM hanya akan bertahan jika cepat mengantisipasi situasi yang ada dengan melakukan sejumlah adaptasi.

Misal keahlian dalam melakukan pemasaran through digital atau mengembangkan platform e-commerce sendiri. Sehingga saat bisnis berjalan dengan regular, operasional bisnis bisa berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Jika barang/jasa yang dijual perusahan tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini, maka perusahaan dapat melakukan produksi atau distribusi produk. Sedangkan untuk distribusi, perusahaan dapat membantu menjual produk yang dibutuhkan saat ini. Jika dengan strategi bisnis yang sedang dijalankan perusahaan masih dapat berjalan, maka sebaiknya pertahankan.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Selain menyiasati pandemi dengan mengalihkan penjualan produk ke platform online, teman-teman juga bisa mengelola manajemen risiko untuk perusahaan. Risiko yang dimaksud di sini adalah suatu keadaan yang tidak dikehendaki dan umumnya dapat menimbulkan kerugian ekonomi pada perusahaan. Sobat UKM tentunya sama-sama tahu bahwa pandemi membuat keadaan usaha kita terpuruk.

Misalnya, karena kini ada wabah corona, saya ikut jual masker kain tapi bukan untuk cari untung. Saya bikin masker kain karena jengkel lihat orang-orang jual masker mahal banget. Tentang penjahit yang berkurang order jahitan dan menawarkan membuat masker. Jadi, ingin menunjukkan padacustomerbahwa brand ini peduli dan berempati dengan kondisi saat ini, bukan cuma jualan saja atau mikirin cuan.

Tentunya dengan mencoba menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produkmu, kamu akan merasakan banyak manfaat yang pastinya dapat mendukung kamu kelola bisnis mu. Membuka channel digital advertising untuk melakukan gross sales merupakan salah satu cara untuk tetap bertahan di tengah pandemik ini. Menerapkan telemarketing sebagai income stream baru bagi perusahaan, dapat menjadi solusi untuk menjangkau pelanggan dengan cara yang lebih efisien. Minimnya informasi tentang kondisi pasar luar negeri dan rumitnya mengurus perizinan ekspor merupakan sejumlah penghalang yang menghambat pelaku UKM untuk mengekspor barang. Artikel ini mengungkap pengalaman dari Roa Judes dan Koperasi Unit Blitar dalam kegiatan ekspor. Meski baru berskala UKM, kedua usaha itu sudah mengambil keputusan berani untuk terlibat dalam perdagangan internasional.

Khusus di media sosial, usahawan juga dapat membangun dan meningkatkan model awareness-nya melalui unggahan yang tidak hanya bersifat promosi tetapi juga konten-konten edukatif, informatif, dan menghibur yang berkaitan dengan jenis bisnisnya. JAKARTA – Baru-baru ini, ramai perbincangan di media massa soal aksi korporasi besar dari GO-JEK dan Tokopedia. Dengan mergernya kedua perusahaan, dampak yang paling ditunggu tentu salah satunya datang dari kalangan pedagang on-line. Harapannya, dengan merger bersama GO-JEK, makin banyak pilihan dan kemudahan dalam proses distribusi barang ke pelanggan, dan lebih banyak area yang dapat dijangkau. Ia menambahkan peluang lahirnya strategi muncul mengingat berbagai program sosial itu banyak dipublikasikan melalui media sosial maupun influencer sehingga secara tidak langsung menjadi promosi yang menguntungkan bagi produsen mie instan.

Dengan punya website, usahawan bisa mengolah knowledge dan menganalisis konsumen masing-masing mulai dari karakternya, polanya, dan lainnya,” paparnya. Mike menambahkan, pelaku usahawan juga dapat memikirkan strategi untuk mengembangkan website sendiri, agar memiliki kontrol bisnis sepenuhnya tanpa mengandalkan pihak ketiga saja–seperti jika menggunakan jasa platform media sosial dan marketplace. Karena jika market tutup maka itu sama saja seperti sebuah outlet miliknya ikut tutup. Ini yang tidak akan terjadi jika usahawan memiliki website usahanya sendiri. Bukan hanya itu, penggunaan web site juga sangat penting untuk membangun trust dan reputasi sebuah usaha.