Networking Itu Penting! Ini 5 Manfaat Membangun Jaringan Bisnis

  • February 19, 2021

Pemimpin yang baik harus bisa memahami kebutuhan anggota timnya untuk menciptakan hasil kerja yang optimum. Apabila Anda tidak memiliki interpersonal skill saat menjadi pemimpin, tak menutup kemungkinan Anda akan kehilangan Situs Bola Online anggota tim yang berharga serta menghilangkan produktivitas kerja. Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association menyatakan bahwa sebanyak 50% karyawan di Amerika Serikat tidak percaya lagi dengan pimpinan perusahaan mereka.

Garuda dalam memberikan informasi mengenai perusahaan kepada wartawan, begitu juga dalam hal pengkonfirmasian pemberitaan, pihak Garuda tidak sulit untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Menurut PR Garuda, informasi akan diberikan kepada wartawan selama informasi tersebut memang layak dan masih dalam batas yang sewajarnya. Yang dimaksud sewajarnya disini adalah informasi yang diberikan kepada wartawan bukan rahasia perusahaan, karena rahasia tersebut hanya diperuntukan bagi PR, top level manajemen dan employees yang terkait. PR juga memaklumi profesi wartawan yang sering kali dikejar useless line karena itu PR tidak mau mempersulit keadaan wartawan. Dengan begitu PR Garuda Indonesia telah berempati dengan memahami profesi dan cara kerja wartawan.

Membicarakan tentang agama merupakan hal yang sebaiknya dihindari karena merupakan topik yang sensitif. Untuk memberikan kesan profesional, sebaiknya menghindari topik yang dapat membuat rekan kerja merasa dinilai/dihakimi karena kepercayaan mereka. Tempat diskusi beragam profesi dan pembahasan seputar karir, gaji, pajak, keuangan dan serba-serbi dunia kerja. Yang namanya konflik kemungkinan besar akan terjadi dengan rekan kerja.

Cara membina hubungan dengan rekan kerja

Menjaga kemitraan dengan business companion atau rekan bisnis Anda itu tidak mudah. Perbedaan dalam cara berpikir dan bersikap terkadang dapat memicu perselisihan. Jika terjadi konflik terus-menerus, bisnis tampaknya tidak akan bisa bertahan lama. Sebab sangat sulit untuk mempertahankan berbagai ketidakcocokan yang terjalin selama berbisnis. Maka dari itu, baik Anda maupun mitra Anda harus sama-sama berusaha menjaga hubungan yang baik. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan rekan bisnis Anda?

Menghadirkan semangat akuntabilitas dalam bekerja akan membantu melepaskan diri dari konteks bekerja sebagai rutinitas. Mencintai pekerjaan serta menjalin hubungan kerja yang perfect dengan rekan kerja adalah sebuah cara memaknai akuntabilitas dalam bekerja. Pegawai Negeri Sipil harus memiliki semangat akuntabilitas agar dapat menampilkan kinerja prima dan membawa perbaikan di lingkungan kerja. Hal ini dapat terlihat dengan adanya media companion yang dilakukan antara XL dengan Detik.

Hal ini dimaksudkan untuk mengakrabkan pertemanan yang terjalin antara pihak XL dengan wartawan. Ketiga kegiatan tersebut dilakukan untuk dapat menguak lebih jauh mengenai karakteristik yang dimiliki oleh media. Selama ketiga kegiatan tersebut berlangsung, pihak XL sambil mengajak wartawan “ngobrol-ngobrol” yang sifatnya di luar pekerjaan yang diharapkan dapat lebih mengakrabkan antara kedua pihak yang terlibat. Melalui hubungan yang santai ini , dapat terlihat secara tidak langsung karakteristik yang ada pada media. Peneliti mencoba mengkroscek hal ini kepada lima wartawan dari media yang berlainan.

Sekalipun kamu memiliki kekurangan yang berakibat deadly bagi perusahaan, kamu tetap perlu berusaha menjadi lebih baik. Pelamar dengan sifat pelupa akan merugikan perusahaan, apalagi jika ia ditempatkan di posisi strategis yang berhubungan dengan banyak orang. Untuk menyiasatinya, diperlukan kesadaran agar ia selalu mencatat apa yang diinstruksikan oleh atasan dan langsung menyampaikannya pada orang yang dituju. Biasanya, pelamar hanya akan menyebutkan kelebihan diri yang bermanfaat bagi dirinya sendiri. Padahal, kelebihan tersebut seharusnya bisa membuat perusahaan tempat kerja menjadi lebih baik.