Resiko Bisnis Properti Yang Harus Diketahui

  • August 5, 2020

Berinvestasi properti makin perlu dipertimbangkan, mengingat banyak pengembang memberikan kemudahan agar produk properti yang mereka luncurkan dapat terserap pasar. Sebut saja diskon, cashback, dan kemudahan pengurusan administrasi kredit. Bila cicilan telah selesai, pemasukan tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain. Misalnya, untuk membeli properti baru atau sebagai “pegangan” ketika tidak memiliki energetic revenue lagi.

Nah, uang pinjaman yang kamu peroleh dapat dijadikan sebagai modal bisnis properti. Setiap pelaku usaha tentu mengharapkan keuntungan dari usaha yang dia jalankan, tidak terkeculai pelaku bisnis properti. Adapun keuntungan yang diincar oleh pelaku usaha bisnis properti adalah sebagai berikut. Anda dapat memulai terjun ke bisnis properti sebagai investor, sehingga peluang untuk rugi menjadi lebih kecil. Akan tetapi, cara ini mengharuskan Anda harus memiliki modal yang cukup besar.

Memang jumlah modal yang dibutuhkan untuk bisa memulai bisnis properti tidak sedikit, tapi risiko yang ada justru terbilang kecil. Ini karena pergerakan bisnis properti sendiri terbilang stabil jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, seperti saham. Nilai jual properti tidak akan jatuh terlalu jauh karena permintaannya hampir selalu ada.

Apabila Anda ingin membeli untuk dijual kembali maka Anda bisa tentukan terlebih dahulu ingin mendulang keuntungan dalam jangka panjang atau jangka pendek. Apabila Anda menginginkan keuntungan jangka panjang maka rumah tapak bisa menjadi pilihan. Namun untuk keuntungan jangka pendek, apartemen masih menjadi pilihan terbaik. Di Indonesia sendiri telah banyak pemain-pemain besar yang berkecimpung di bidang properti.

Maka dari itu, bisnis properti juga cocok bagi para ibu rumah tangga, mahasiswa, pensiunan, bahkan pekerja kantoran yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Pengembang properti dapat memanfaatkan pinjaman konstruksi seperti halnya mereka memanfaatkan KPR untuk konsumen saat membeli produk mereka. Banyak keuntungan bagi konsumen karena saat perekonomian membaik dan pasar properti pulih, harga properti diprediksi akan meningkat. “Sekarang adalah good timing untuk membeli properti karena banyak kemudahan yang ditawarkan baik dari pengembang maupun perbankan,” kata dia.

Salah satu keuntungan dari kepemilikan properti adalah dapat dijadikan sebagai jaminan yang paling baik dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Keuntungan yang yang bisa diterima pemilik adalah nilai sewa akan terus mengalami kenaikan karena properti akan semakin langka sedangkan kebutuhannya terus meningkat. Nilai tambah properti dapat menjadi tinggi bila lokasinya berada di tempat yang strategis dengan akses yang baik, fasilitas yang mendukung serta bentuk bangunan yang menarik. Hal inilah yang menyebabkan semakin banyak pelaku bisnis yang mulai melirik dan terjun kedalam bisnis properti ini. Dengan mengetahui cara-cara menghitung keuntungan investasi propertinya, semestinya sudah tidak ada keraguan lagi untuk Anda mulai investasi saat ini juga.

Investor properti harus menentukan prospek properti yang baik sebelum memulai bisnisnya. Kebutuhan ini akhirnya melahirkan jenis profesi di dunia bisnis properti yang disebut denganbird canine. Flip properti banyak dijalankan oleh kontraktor umum akan membeli dan melakukan flip beberapa rumah dalam setahun untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada pula beberapa investor properti yang berkecimpung di bisnis ini. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin menjadi spesialis dari flip properti itu sendiri.

Mereka ingin propertinya cepat terjual, sehingga uang hasil penjualan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. Jika harga terlalu besar, kamu bisa mengajak sahabat untuk bisnis properti modal kecil. Jika untuk kebutuhan usaha, gadaikan sertifikat properti tersebut. Dari ketiga kebutuhan tersebut, rumah atau properti yang memerlukan banyak biaya.

Keuntungan berbisnis properti

Bahkan di beberapa negara, pihak perbankan tidak segan meminjamkan dana hingga 80% dari nilai agunan. Bisnis properti berupa perumahan maupun ruko harus memenuhi syarat lokasi strategis. Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tentu, kamu ingin ruko yang kamu beli atau sewa akan mendapatkan keuntungan yang maksimal tanpa suatu kendala apapun. Jangan memilih ruko yang berada di daerah sepi pengunjung atau ruko di space yang belum berkembang karena ruko di tempat sepi atau belum berkembang bersifat spekulatif, belum tentu bisa menguntungkan. Lokasi ruko yang strategis, mudah diingat pelanggan, mudah dijangkau dan mudah untuk parkir bisa menjadi prioritas utama. Harga sewa yang masih wajar dimana kamu akan tetap bisa mendapatkan keuntungan setelah penghasilan per tahun atau per bulan dikurangi biaya sewa per tahun atau per bulan.